Friday, February 25, 2011

Bank Indonesia Beri Akses Kredit UMKM

Imagine the next time you join a discussion about mobil keluarga ideal terbaik indonesia. When you start sharing the fascinating mobil keluarga ideal terbaik indonesia facts below, your friends will be absolutely amazed.
JAKARTA, KOMPAS.com " Bank Indonesia (BI) mengembangkan perannya bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melalui sisi permintaan dan penawaran.

Dari sisi permintaan, BI melakukan penelitian, pelatihan, hingga penyediaan informasi. Program pengembangan dan pelatihan klaster termasuk di dalamnya.Sementara sisi penawaran, BI mengatur perbankan dan kuatkan lembaga penunjang.

"Peran BI menghubungi sisi permintaan dengan penawaran, yang bekerja sama dengan pemerintah hingga lembaga internasional. Tepatnya, BI berusaha beri akses kredit kepada UMKM," kata Y Santoso Wibowo, Kepala Biro Direktorat Kredit, BPR, dan UMKM, di Gedung BI, Jakarta, Jumat (25/2/2011).

Now that we've covered those aspects of mobil keluarga ideal terbaik indonesia, let's turn to some of the other factors that need to be considered.

"Kami yang meneliti, yang memberikan acuan kepada bank," kata Santoso. BI meneliti berbagai usaha komoditas dalam menyediakan informasi bagi lembaga keuangan, seperti BPR. Sekaligus melatih bank dan BPR bagaimana memberikan kredit pertanian.

Menurut dia, BI telah membentuk klaster, semacam sentra produksi yang merupakan kumpulan UMKM yang memiliki usaha komoditas yang sejenis."Kami sudah punya 30 lebih klaster," kata Ika Tejaningrum, Analis Kredit Eksekutif Direktorat Kredit, BPR, dan UMKM.

Dalam pengembangan klaster ini, BI tidak kerja sendiri, namun diserahkan kepada Kantor Bank Indonesia (KBI), pemerintah daerah, dan dinas terkait. Klaster yang telah terbentuk seperti klaster emping oleh KBI Banten, rumput laut di NTB, dan paprika di Bandung.

"Tahun ini cabe. Cabe itu akan kami buat di daerah Banten, Sukabumi juga ada," kata Ika. Pengembangan komoditas cabe sebagai klaster terkait kenaikan harganya yang signifikan pada awal tahun.

BI pun menggunakan UMKM yang memiliki kualitas produk yang bagus untuk mengajari pengusaha di daerah lain."Klaster emping, pengusaha emping di Jawa Tengah didatangkan ke Serang, untuk mengajari. Kemudian bekerja sama dengan Alfamart untuk penjualannya," ujar Santoso.

Now might be a good time to write down the main points covered above. The act of putting it down on paper will help you remember what's important about mobil keluarga ideal terbaik indonesia.

No comments:

Post a Comment