Friday, January 21, 2011

Banjir Brazil Tewaskan 1.000 Orang Lebih

The following article covers a topic that has recently moved to center stage--at least it seems that way. If you've been thinking you need to know more about it, here's your opportunity.
RIO DE JANEIRO, KOMPAS.com - Jumlah korban tewas akibat bencana banjir dekat Rio de Janeiro, Brazil, pekan lalu dapat mencapai 1.000 orang. Itu jika mengacu pada hitungan resmi pada Jumat (21/1/2011) yang menunjukkan bahwa 400 orang masih hilang.

Hasil perhitungan terakhir terhadap mayat-mayat yang ditemukan akibat banjir bandang dan longsor yang melanda wilayah gunung Serrana dekat Rio pada 12 Januari itu sebanyak 759 orang.

Kota yang dilanda musibah paling buruk di wilayah Serrana adalah Nova Friburgo, dengan 365 orang tewas, dan Teresopolis, tempat 308 orang tewas.

Sebagian besar dari 401 orang yang didaftar sebagai hilang oleh pemerintah negara bagian Rio diduga telah tewas, ketika para pekerja darurat dan tentara terus menggali melalui lumpur dan puing untuk mencari mayat lagi.

Is everything making sense so far? If not, I'm sure that with just a little more reading, all the facts will fall into place.

Ketika mayat-mayat ditemukan, mereka dapat dikenali, maka mereka dicoret dari daftar orang yang hilang dan ditambahkan ke daftar korban tewas.

Beberapa orang yang telah ditandai hilang oleh teman-teman atau keluarga mereka ternyata juga ditemukan masih hidup.

Seluruhnya 13.830 orang terpaksa meninggalkan rumah mereka di wilayah itu, karena rumah mereka telah hancur atau dianggap tidak aman lagi untuk mereka tempati, menurut dinas kesehatan Rio. Mereka ditempatkan di rumah kelurga atau di tempat perlindungan.

Beberapa pejabat Nova Friburgo mengatakan, mereka telah memulai sensus lokal untuk mendata penduduk dan mendistribusikan uang darurat pada ribuan orang yang membutuhkan.

Akibat buruk dari bencana itu, dilaporkan akan menjadi bencana alam paling buruk dalam sejarah Brazil, belum usai, dengan banyak orang masih di tempat-tempat yang terputus dari akses darat untuk menerima menerima bantuan dari awak-awak helikopter.

ANT, AFP
Sometimes it's tough to sort out all the details related to this subject, but I'm positive you'll have no trouble making sense of the information presented above.

No comments:

Post a Comment