Wednesday, May 4, 2011

Mulai Hari Ini Angkutan Barang Dialihkan

Jika Anda sungguh-sungguh tertarik untuk mengetahui tentang
, Anda harus berpikir melampaui dasar-dasar. Artikel informatif mengambil melihat lebih dekat hal yang perlu Anda ketahui tentang
.
JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk memperlancar arus lalu lintas saat menyambut kedatangan para delegasi KTT ASEAN ke-18, Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya berencana mengalihkan kendaraan angkutan barang yang kerap melintas di ruas tol dalam kota. Dengan pengalihan yang dilakukan, diharapkan dapat mengurangi beban lalu lintas di tol dalam kota Jakarta.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono mengatakan, pengalihan angkutan barang mulai Kamis (5/5/2011) hingga Senin (9/5/2011). Waktu pemberlakuannya dimulai pukul 05.00-22.00 setiap harinya. Angkutan barang ini, nantinya dapat melalui tol lingkar luar atau outer ring road.

"Tol Tomang dan Cawang bebannya akan dikurangi dari angkutan barang dan peti kemas. Karena di ruas arteri nantinya akan ada penutupan jalan, sehingga bisa menjadi alternatif pengendara saat penutupan jalan berlangsung," kata Pristono, saat jumpa pers di Balaikota DKI Jakarta, Rabu (4/5/2011). Ia menambahkan, setelah pukul 22.00, truk barang diperbolehkan kembali melintasi tol dalam kota.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Royke Lumowa menjelaskan, dengan adanya pengalihan ini diprediksi akan menambah kemacetan yang terjadi di ruas Tol Tanjungpriok-Ancol. Namun, pengalhan yang dilakukan semata-mata untuk menghormati para tamu negara yang akan mengikuti KTT ASEAN 2011.

"Rombongan delegasi memang tidak melewati jalur tersebut, tapi jika ada penutupan jalan akan berdampak ke jalan tol. Sehingga pengguna di jalan arteri bisa memilih ke jalan tol," kata Royke.

Meski KTT ASEAN ke-18, akan dilaksanakan pada 7-8 Mei mendatang,pengalihan akan dimulai Kamis ini. Sebab, beberapa kepala negara dijadwalkan sudah ada yang tiba di Jakarta sejak hari ini. Selain itu, pengalihan juga sebagai ajang sosialisasi awal, karena pengalihan akan dilakukan selama lima hari ke depan.

Dikatakan Royke, penutupan jalan non tol juga akan dilakukan pada Sabtu (7/5/2011) saat pelaksanaan KTT ASEAN. Penutupan jalan akan berlangsung sekitar 26-35 menit selama iring-ringan delegasi KTT ASEAN menuju tempat pelaksanaan KTT di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat.

Penutupan akan dimulai pada pukul 08.17. Adapun jalan yang akan disterilkan yakni, mulai dari simpang Harmoni-Jalan Medan Merdeka Barat-Jalan MH Thamrin-Jalan Jenderal Sudirman hingga Bundaran Senayan.

Benar-benar ide yang baik untuk menyelidiki sedikit lebih dalam subjek
. Apa yang Anda pelajari dapat memberikan kepercayaan diri yang Anda butuhkan untuk usaha di daerah baru.

"Selain itu, dipersimpangan Kuningan rombongan keluar dari arah Balai Kartini lalu putar balik ke arah Cawang. Sehingga kendaraan yang datang dari arah Cawang akan distop. Maka diberi pilihan bisa ke Mampang atau tembus ke Casablanca untuk yang ingin ke arah Barat," jelasnya.

Untuk menyosialisasikan pengalihan ini, pihaknya akan memasng rambu-rambu dan spanduk di beberapa titik strategis. Setidaknya ada sembilan titik yang akan dipasang. Selain itu, sebanyak empat petugas gabungan akan disiagakan di masing-masing titik. Untuk membantu mengatur arus lalu lintas.

Pengalihan yang dilakukan yakni kendaraan barang dari Tangerang yang akan menuju Pelabuhan Tanjungpriok diberikan dua alternatif yakni, Ruas Tol Jakarta " Tangerang - ruas Tol JORR W1 (Kebon Jeruk " Penjaringan) - ruas Tol Bandara (Pluit " Penjaringan) - ruas Tol Pelabuhan - Pelabuhan Tanjung Priok.

Alternatif kedua, dari ruas Tol Jakarta " Tangerang - ruas Tol Kebonjeruk " Tomang - ruas Tol Tomang " Pluit - ruas Tol Pelabuhan - Pelabuhan Tanjungpriok.

Kemudian, angkutan barang yang dari arah Pelabuhan Tanjungpriok menuju Cikarang harus melalui alternatif ruas Tol Tanjung Priok " Cawang (Ir Wiyoto Wiyono) - ruas Tol Jakarta " Cikampek " Cikarang. Kemudian, Arteri Cakung " Cilincing - ruas Tol Cilincing " Cikunir - ruas Tol Jakarta " Cikampek " Cikarang.

Lalu dari Bogor ke Pelabuhan Tanjungpriok disarankan melalui ruas Tol Jagorawi - ruas Tol Taman Mini " Cawang - ruas Tol Cawang " Tanjungpriok (Ir Wiyoto Wiyono) - Pelabuhan Tanjungpriok.

Untuk arah Bogor menuju Cikarang, alternatif jalannya, ruas Tol Jagorawi - ruas Tol JORR E1 Selatan (Taman Mini " Hankam Raya) - ruas Tol JORR E1 utara (Hankam Raya " Cikunir) - ruas Tol Jakarta " Cikampek " Cikarang. Atau bisa juga melalui ruas Tol Jagorawi - Ruas Tol Taman Mini " Cawang - ruas Tol Jakarta " Cikampek " Cikarang.

Sedangkan kendaraan dari arah Cikarang menuju Tangerang diberikan beberapa alternatif yakni,ruas Tol Jakarta " Cikampek - ruas Tol Cikunir " Cilincing - Arteri Cakung " Cilincing - ruas Tol Pelabuhan - ruas Tol Bandara (Pluit " Penjaringan) - ruas Tol JORR W1 (Penjaringan " Kebonjeruk) - ruas Tol Jakarta " Tangerang.

Atau ruas Tol Jakarta " Cikampek - Ruas Tol Cawang " Tanjungpriok (Ir Wiyoto Wiyono) - ruas Tol Pelabuhan - ruas Tol Bandara (Pluit " Penjaringan) - ruas Tol JORR W1 (Penjaringan " Kebonjeruk) - ruas Tol Jakarta " Tangerang.

Kemudian, ruas Tol Jakarta " Cikampek - ruas Tol JORR E1 Utara (Hankam Raya " Cikunir) - ruas Tol JORR E1 Selatan (Taman Mini " Hankam Raya) - ruas Tol JORR - ruas Tol Jakarta " Serpong - Arteri Serpong " Tangerang.

Jangan membatasi diri Anda sendiri dengan menolak untuk mempelajari rincian tentang
. Semakin banyak Anda tahu, semakin mudah akan fokus pada apa yang penting.

No comments:

Post a Comment