Wednesday, July 13, 2011

Penggantian Riedl Berisiko

Ketika kebanyakan orang berpikir tentang
, apa yang terlintas dalam pikiran adalah biasanya informasi dasar yang tidak terlalu menarik atau bermanfaat. Tapi ada lebih banyak untuk
dari sekadar dasar.
JAKARTA, KOMPAS.com - Keputusan pengurus PSSI mengganti pelatih tim nasional, Alfred Riedl,dengan Pelatih PSM Makassar Wim Rijsbergen, hanya 10 hari menjelang lagaPra-Piala Dunia 2014, berisiko mengganggu kekompakan tim. Masalah inijuga bisa makin rumit jika Riedl melapor ke FIFA.

KetuaUmum PSSI Djohar Arifin Husin, Rabu (13/7), menjelaskan, Riedl tidakakan menjadi pelatih tim nasional mulai Kamis ini. Keputusan ini diambilkarena Riedl tidak menandatangani kontrak dengan institusi PSSI, tetapidengan pribadi. Pelatih bukan Riedl mulai besok. Kontrak dia bukandengan PSSI. Kami cari kontraknya di PSSI tidak ada, ujar Djohar.

PosisiRiedl di timnas senior akan diisi oleh Pelatih PSM Makassar WimRijsbergen. Mantan pemain tim Belanda yang ikut Piala Dunia 1974 dan1978 itu bertugas melatih tim Merah Putih dalam dua laga Pra-PialaDunia 2014 melawan Turkmenistan pada 24 dan 28 Juli.

PSSI jugamengganti asisten pelatih timnas, Wolfgang Pikal dan Widodo CahyonoPutro. Jajaran pengurus Badan Tim Nasional (BTN) seperti Deputi BidangTeknik Iman Arif juga digeser. PSSI lalu mengangkat CEO PersiboBojonegoro Ferry Kodrat sebagai manajer timnas.

Mengenaipertimbangan tidak mempertahankan Riedl hingga dua laga Pra-Piala Dunia,anggota Komite Eksekutif,Bob Hippy, menjelaskan, kendalanya ada padakontrak Riedl. Tidak segampang itu karena persetujuan yang ada padakami bukan seperti itu. Kontraknyadengan Pak Nirwan Bakrie, bukan dengan federasi, ujar Bob.

Jadi, negosiasi susah, bosnya diaitu federasi atau BTN atau pribadi Pak Nirwan. Tidak semudah itu, adakontrak, ada hak-hak yang belum dibayar, ujar Bob.

MantanSekretaris Jenderal PSSI Nugraha Besoes menjelaskan, kontrak Riedldengan PSSI memang ditandatangani oleh Nirwan Bakrie sebagai Wakil KetuaUmum PSSI yang membawahi BTN dan PT Liga Indonesia.

Saya percaya bahwa apa yang Anda telah membaca sejauh ini informatif. Bagian berikut ini harus pergi jauh ke arah membersihkan setiap ketidakpastian yang mungkin tetap.

WidodoCahyono Putro menjelaskan, dalam dokumen kontrak dirinya sebagai asistenpelatih timnas,ada kop PSSI dan ditandatangani oleh SekretarisJenderal PSSI pada waktu itu, Nugraha Besoes, danBTN.

Kalausaya tidak mau ribut-ribut, yang penting hak-hak saya dipenuhi, ujarWidodo yang belum menerima surat PSSI terkait dengan penggantiandirinya.

Kekompakan tim

Widodomenilai, sebagai mantan pemain timnas dan asisten pelatih, penggantianpelatih hanya dalam 10 hari menjelang laga krusial seperti Pra-PialaDunia akansangat memengaruhi kekompakan tim. Dibutuhkan waktu minimal tiga bulan untuk membangun kekompakan tim.

Tim ini sudahmenyatu antara pemain danpelatih mulai dari Piala AFF dan tinggalmeneruskan, membenahi mana yang kurang. Kalau diganti, ya, harus memulaidari nol lagi. Tetapi, itu sepenuhnya hak pengurus PSSI, ujar Widodo.

Kaptentimnas senior, Firman Utina, saat dihubungi wartawan menilai, hubunganRiedl dengan para pemain selama ini sangat bagus. Kami sangat kompak,ujar Firman.

Jenderal lapangan tengah ini menegaskan,kekompakan antara tim pelatih dan pemain ini bisa menutupi waktupersiapan timnas yang sangat minim.Itu bisa menjadi modal bagus. Jikaada pelatih baru, pasti butuh penyesuaian lagi, ujar Firman.

Rijsbergenyang sedang berada di Belanda dijadwalkan tiba di Jakarta pada Kamis,hari pertama timnas senior menjalani pemusatan latihan. (ANG)

Saya berharap bahwa membaca informasi di atas adalah menyenangkan dan pendidikan untuk Anda. Anda proses pembelajaran harus berlangsung - semakin Anda memahami tentang subjek apapun, semakin Anda akan dapat berbagi dengan orang lain.

No comments:

Post a Comment