Sunday, March 20, 2011

Sumatera Selatan Jadi Lumbung Energi

Anda harus dapat menemukan beberapa fakta yang sangat diperlukan tentang Harga Jual Blackberry iPhone Laptop Murah dalam paragraf berikut. Jika ada setidaknya satu fakta anda tidak tahu sebelumnya, bayangkan perbedaan itu bisa membuat.
PALEMBANG, KOMPAS.com - Sumatera Selatan akan dijadikan sebagai daerah pemasok bahan baku energi bagi pulau Sumatera dan sekitarnya. Ini memungkinkan karena Sumatera Selatan merupakan lumbung batu bara, gas, dan coalbed methan atau CBM.

"Sumatera Selatan adalah gudangnya batubara, namun belum satupun pembangkit listrik bertenaga batubara di sini. Jadi ini bisa dikembangkan dalam konteks koridor ekonomi, sehingga Sumatera Selatan bisa digunakan sebagai pemasok energi yang bisa disebarkan ke seluruh Sumatera," ujar Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengungkapkan hal tersebut di Palembang, Sumatera Selatan, Minggu (20/3/2011).

Menurut Hatta, Sumatera Selatan juga akan mengembangkan pelabuhan ekspor di Tanjung Api-api. Pelabuhan ini akan menjadi pintu keluar bagi ekspor batubara, karet, dan minyak kelapa sawit.

Jika fakta Harga Jual Blackberry iPhone Laptop Murah Anda out-of-date, bagaimana yang mempengaruhi tindakan dan keputusan? Pastikan Anda tidak membiarkan slip Harga Jual Blackberry iPhone Laptop Murah informasi penting oleh Anda.

"Selain itu, kami juga akan mengembangkan industri petrokimia yang berbasiskan gas di sana. Ini dilakukan dengan menarik investasi dari China dan Jepang untuk membangun jalan kereta api berjalur ganda yang menghubungkan Tanjung Api-api dengan Tanjung Enim," katanya.

Hatta menyebutkan, stok batubara yang dimiliki Sumatera Selatan kini mencapai 50 miliar ton. Atas dasar itu, Sumatera Selatan harus membangun pembangkit listrik tenaga batubara yang dapat menyalurkan daya listrik hingga ke Jawa. "Penyaluran listrik itu bisa dilakukan dengan kabel bawah laut, sehingga Jawa bisa mendapatkan pasokan listrik ketika terjadi kelangkaan," katanya.

Selain batubara, pemerintah juga tengah mempertimbangkan pengembangan CBM di Sumatera. CBM adalah gas alam dengan dominan gas metana dan disertai oleh sedikit hidrokarbon lainnya dan gas non-hidrokarbon dalam batubara hasil dari beberapa proses kimia dan fisika.

CBM sama seperti gas alam konvensional yang kita kenal saat ini, namun perbedaannya adalah CBM berasosiasi dengan batubara sebagai source rock dan reservoirnya. Sedangkan gas alam yang kita kenal saat ini, walaupun sebagian ada yang bersumber dari batubara, diproduksikan dari reservoir pasir, gamping maupun rekahan batuan beku.

Anda tidak dapat memprediksi kapan mengetahui sesuatu yang ekstra tentang Harga Jual Blackberry iPhone Laptop Murah akan berguna. Jika Anda belajar sesuatu yang baru tentang Harga Jual Blackberry iPhone Laptop Murah dalam artikel ini, Anda harus file artikel di mana Anda dapat menemukannya lagi.

No comments:

Post a Comment