Friday, March 4, 2011

Umat Hindu di Bali Gelar Tawur Agung

The best course of action to take sometimes isn't clear until you've listed and considered your alternatives. The following paragraphs should help clue you in to what the experts think is significant.
DENPASAR, KOMPAS.com- Sehari menjelang perayaan Catur Brata Penyepian, umat Hindu di Denpasar, Bali hari ini menggelar ritual Tawur Agung Kesanga di Lapangan Puputan Badung, Denpasar. Satu dari 4 ritual utama Nyepi selain Melasti, Penyepian, dan Ngembak Geni ini bertujuan untuk menetralisir energi negatif dari butakala atau makhluk simbol keserakahan supaya terjadi harmoni yang memberi kemakmuran, kenyamanan, dan keamanan bagi masyarakat.

Ratusan umat Hindu dari Denpasar dan sekitarnya sejak Jumat (4/3/2011) pagi tadi memadati sudut utara Lapangan Puputan Badung, tempat digelarnya ritual Tawur Agung Kesanga. Tawur Agung  ini tergolong upacara Buta Yadnya atau kurban suci dalam agama Hindu. Persembahan dalam bentuk upakara sebagai ciri Tawur adalah persembahan binatang korban.

If your mobil keluarga ideal terbaik indonesia facts are out-of-date, how will that affect your actions and decisions? Make certain you don't let important mobil keluarga ideal terbaik indonesia information slip by you.

"Di Kota Denpasar sebagai pusat Pemerintahan merupakan Tawur Balik Sumpah Agung yang mengorbankan binatang kerbau, sapi, kambing, babi, angsa, dan anjing," ujar Cok Putra Wisnu Wardana, Ketua Forum Tenaga Penyuluh Lapangan Agama (TPLA), Pemerintah Kota Denpasar yang ditemui menjelang pelaksanaan ritual Tawur Agung, di Lapangan Puputan Badung, Denpasar, siang tadi.

Persembahan yang dihaturkan kepada butakala ini ini berfungsi sebagai penetralisir yang disebut Somia. "Sehingga sifat-sifat negatif butakala akan bisa dinetralisir yang kita harapkan mampu menjadi harmoni yang memberi kemakmuran dan ketentraman," jelas Wisnu Wardana. Bentuk persembahan dalam Tawur Agung disetiap daerah di Bali berbeda-beda sesuai dengan kemampuan mereka.

Dasar dari persembahan hewan berkaki empat ini adalah ayam. Harapannya setelah menjadi persembahan para binatang ini dalam reinkarnasi mendatang dapat menjadi manusia atau Dewa.  

Of course, it's impossible to put everything about mobil keluarga ideal terbaik indonesia into just one article. But you can't deny that you've just added to your understanding about mobil keluarga ideal terbaik indonesia, and that's time well spent.

No comments:

Post a Comment