Sunday, April 24, 2011

Paus Desak Diupayakan Diplomasi di Libya

Apakah Anda ingin mencari tahu apa yang mereka-in-the-tahu harus katakan tentang
? Informasi dalam artikel di bawah ini berasal langsung dari para ahli baik informasi dengan pengetahuan khusus tentang
.
VATICAN CITY, KOMPAS.com -  Peperangan yang selama tiga bulan terakhir berkecamuk di Libya dan mengalirnya pengungsi akibat kerusuhan di Afrika Utara menjadi salah satu sorotan perhatian pemimpin umat Katolik Paus Benediktus XVI dalam pesan Paskah-nya, Minggu (24/4).

Dalam konflik yang kini tengah berlangsung di Libya, hendaknya dilakukan diplomasi dan dialog, dan bukannya senjata. Dan bagi mereka yang menderita sebagai akibat konflik, hendaknya diberi bantuan kemanusia- an, kata Paus Benediktus XVI saat merayakan misa Paskah di hadapan sekitar 100.000 anggota jemaat dan turis di Lapangan Santo Petrus, Vatikan, yang juga disaksikan jutaan penonton karena disiarkan langsung melalui televisi ke seluruh penjuru dunia.

Menjadi tradisi pada setiap perayaan Minggu Paskah"yang menurut keyakinan Kristen untuk memperingati kebangkitan Yesus Kristus pada hari ketiga setelah disalib"Paus menyampaikan Pesan untuk Kota dan Dunia (Urbi et Orbi).

Pada kesempatan seperti ini biasanya pemimpin semiliar umat Katolik sedunia ini memang selalu menanggapi peristiwa terhangat yang tengah terjadi di dunia dalam khotbahnya.

Juga menjadi tradisi, pada akhir khotbahnya, Paus mengucapkan selamat Paskah kepada dunia dalam 65 bahasa, dari bahasa Albania ke Swahili, bahkan juga bahasa Indonesia, seperti halnya bahasa Latin dan Esperanto.

Dan hendaknya sinar kedamaian serta martabat kemanusiaan bisa mengatasi kegelapan akan perpecahan, kebencian, serta kekerasan di Timur Tengah, kata Paus pada kesempatan keenamnya menyampaikan pesan kepada dunia pada hari Paskah.

Meruyaknya aksi protes di Libya sejak Februari"terinspirasi pergolakan-pergolakan yang menumbangkan sejumlah pemimpin otokratik di Tunisia dan Mesir"memicu perang saat pemimpin Libya Moammar Khadafy menembaki para demonstran. Menyusul kemudian para pemrotes menguasai sejumlah kota di sisi timur Libya.

Garis peperangan lebih kurang tak beranjak dalam pekan-pekan terakhir meskipun serangan udara Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) sempat membantu kaum oposisi untuk menghambat pasukan pemerintah Khadafy merangsek masuk ke timur. Serangan koalisi internasional itu tak berhasil mendorong kemenangan pihak oposisi terhadap pasukan Pemerintah Libya yang jauh lebih terlatih dan bersenjata lebih lengkap.

Sementara itu, perjuangan demokrasi yang tengah dilakukan di Mesir dan Tunisia pun menghadapi berbagai kendala, sedangkan Yaman dalam waktu dekat akan menghadapi pergantian pemimpin. Mengenai Suriah, pemerintahnya menghadapi aksi protes dengan kekerasan sehingga jatuh korban, yang diperkirakan mendekati 200 jiwa dalam beberapa pekan terakhir.

Jika Anda menemukan diri Anda bingung dengan apa yang Anda sudah membaca hingga saat ini, jangan putus asa. Semuanya harus jelas pada saat Anda selesai.

Pantai Gading dan Jepang

Pesan Paskah Paus Benediktus XVI juga menyentuh konflik politik internal di Pantai Gading, bahkan drama musibah gempa dan tsunami yang menelan ribuan korban jiwa di Jepang.

Diperlukan rekonsiliasi dan pengampunan agar luka yang diakibatkan aksi kekerasan akhir-akhir ini sembuh, ungkap Paus, menyinggung soal konflik berdarah dan makan korban jiwa akibat terjadinya dualisme kepemimpinan lantaran presiden petahana Pantai Gading, Laurent Gbagbo, menolak turun jabatan meskipun hasil pemilu November 2010 menyatakan Alassane Ouattara sebagai pemenang.

Semoga Jepang menemukan penghiburan dan harapan karena mereka menghadapi konsekuensi dramatis dari gempa bumi akhir-akhir ini, dan juga negara-negara lain yang dalam beberapa bulan terakhir ini harus menghadapi ujian bencana alam, yang tentunya menyebar kesengsaraan dan keputusasaan, kata pemimpin dunia ini pula.

Penangkapan di China

Sementara perayaan Paskah berlangsung di Vatikan dan belahan dunia lain, Sabtu di China, aparat kepolisian menangkapi belasan orang Kristen yang mencoba mengikuti perayaan Paskah di tempat-tempat yang dilarang oleh pemerintah.

Aparat juga menangkap Zhang Mingxuan, seorang pastor (biarawan) di Beijing yang juga Ketua Aliansi Gereja Rumahan di China. Menurut Bob Fu dari Asosiasi Bantuan untuk China yang berbasis di Texas, Amerika Serikat"seperti diberitakan Reuters, Minggu"ada dua gereja rumahan yang diblokir aparat di kota selatan, Guangzhou.

Gereja di China terbagi dalam dua bagian, antara gereja yang diakui serta diawasi Pemerintah China sehingga otoritas Paus sebagai pemimpin Katolik sedunia tak diakui dan gereja bawah tanah yang dikenal sebagai gereja rumahan yang menolak pengawasan serta pengakuan pemerintah Partai Komunis.

Berdasarkan survei dalam beberapa tahun terakhir, menurut Reuters, pemeluk agama Kristen Protestan di China mencapai 40 juta orang dan pemeluk Katolik sekitar 14 juta orang.

Paus Benediktus sudah lama mendesak dilakukannya rekonsiliasi antara kedua kubu gereja di China ini dan tengah mencoba menjalin hubungan formal dengan pemerintah Beijing menyangkut hal ini. (AP/AFP/Reuters/SHA)

Anda tidak dapat memprediksi kapan mengetahui sesuatu yang ekstra tentang
akan berguna. Jika Anda belajar sesuatu yang baru tentang
dalam artikel ini, Anda harus file artikel di mana Anda dapat menemukannya lagi.

No comments:

Post a Comment